The Evaluation of English Course Book Used in Mambaus Sholihin Senior High School Students Learning: Teacher and Students Perspective

Authors

  • Frandika Galuhtama Wiyono Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

Abstract

Sekolah pendidikan tertua di Indonesia, pesantren, secara historis memasukkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) sebagai mata pelajaran wajib dalam kurikulum mereka. Guru mengandalkan sumber belajar seperti buku teks dan buku kursus untuk memandu pengajaran dan mencapai tujuan materi. Evaluasi rutin terhadap bahan ajar sangat penting untuk memastikan bahan ajar tersebut efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan harapan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan mengkaji persepsi guru dan santri di Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin. Peneliti menggunakan narasi deskriptif dan menganalisis transkrip data dari wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa buku kursus Bahasa Inggris Mambaus Sholiohin sudah memadai, namun masih memiliki kekurangan seperti kesalahan pengetikan, isi yang kurang relevan, dan tampilan media gambar yang kurang jelas. Penelitian menyarankan agar buku kursus Bahasa Inggris Mambaus Sholihin perlu direvisi untuk mengatasi kekurangan tersebut dan meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa.

Kata Kunci: pengajaran bahasa Inggris di pesantren, buku pelajaran, evaluasi.

Downloads

Published

2024-03-29

Issue

Section

Articles